Mercedes-Benz
| |
Jenis
|
Divisi dari Daimler AG
|
Industri
|
Otomotif
|
Pendahulu
|
Benz & Cie.
Daimler Motoren Gesellschaft |
Didirikan
|
Mannheim, 1886
|
Pendiri
|
Karl Benz
Gottlieb Daimler |
Kantor pusat
|
|
Tokoh penting
|
Dieter Zetsche, CEO
|
Produk
|
Otomobil
Truk Bus Mesin |
Induk
|
Daimler AG
|
Situs web
|
www.mercedes-benz.com
|
Mercedes-Benz 300Sc Cabriolet tahun 1957
Mercedes-Benz (pengucapan bahasa Jerman: mɛʁˈtseːdəs
ˈbɛnts) adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi
berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus. Mercedes-Benz adalah
salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil
tertua di dunia yang bertahan sampai sekarang. Mobil mereka terkenal
berteknologi dan memiliki tingkat keamanan tinggi.
Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula
Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan
bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari
1886, Benz Patent Motorwagen. serta jasa dari Gottlieb Daimler serta
teknisi Wilhelm Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada
tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai
merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara
perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.
Sejarah
Asal perusahaan ini di awal 1880-an, ketika Gottlieb
Daimler dan Carl Benz menemukan mobil secara terpisah di selatan
Jerman. Daimler danWilhelm Maybach, yang bersama menemukan Mesin empat-tak,
bekerja sama di Cannstatt (kota di distrik Stuttgart); Benz
memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg. Tidak ada catatan kedua penemu
pernah bertemu.
Pada awal 1900-an, mobil Daimler dibuat di
Untertürkheim (juga sebuah kota di distrik Stuttgart) dijual dengan sukses oleh
agen Austria yang bernama Emil Jellinek, yang memasok mobil tersebut
dengan nama putrinya, Mercédès.
Saat ini mercedes-benz sedang merambah marketing mereka
melalui media online.
Jajaran Produk
Daftar produk-produk mobil penumpang Mercedes-Benz yang
diproduksi tahun 2011:
A-Class—Hatchback
B-Class—MPV
C-Class—Sedan, Estate & Koupé
CL-Class—Koupé
CLS-Class—Koupé 4 pintu
E-Class—Sedan, Estate, Koupé & Cabriolet/Konvertibel
G-Class—cross-country vehicle
GL-Class—Kendaraan Off Road
M-Class—Sports Utility Veihicle (SUV)
R-Class—Luxury Tourer Vehicle (LTV)
S-Class—Sedan
SL-Class—Roadster
SLK-Class—Roadster
SLS AMG—Koupé
Viano—Multi Porpose Vehicle (MPV)
Mercedes-Benz SLR McLaren
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2KM7_yn0oDPyXJKEpjO4sEUqrC8BgCa6Ix1k5_jezy8Ok4jBbmnYVZ7mdCKMm2ha-gAeBQUUkCYf6HYBkzbr7OPfZD0mwHotz72PN3tvFqL_rDAI2k18JE2xVxQ3ftb_2vjg8PUmVhuH2/s1600/220px-Mercedes-Benz_SLR_McLaren_2_cropped+copy.jpg)
SLR McLaren wana silver pada acara European Motor Show di
Brussels tahun 2006
Antara tahun 2003 dan 2009, Mercedes-Benz memproduksi mobil
sport dalam jumlah terbatas bersama dengan McLaren Automotive. Proyek
ini merupakan bentuk kolaborasi tambahan setelah mereka bekerja sama di Formula
Satu yang sebagian saham timnya dimiliki Mercedes.
Mercedes-Benz SLR McLaren memiliki bodi carbon
fibre dengan mesin V8 5.4L dengan supercharger. Mesin ini
menggunakan silinder blok yang sama dengan SL55 AMG dan CLS55 AMG, meskipun
dimodifikasi sehingga mampu mengeluarkan tenaga maksimal 460 kW (625 PS; 617
bhp) dengan torsi 780 N·m (575 ft·lbf). SLR McLaren mempunyai kecepatan
maksimum sekitar 337 km/jam.
Penamaan mobil
Sampai tahun 1994, Mercedes-Benz menggunakan sistem
alfanumerik untuk mengelompokkan mobil-mobil mereka, terdiri dari angka yang
menunjukkan kapasitas mesin mobil jika dikali 100 dan diikuti huruf-huruf yang
menandakan tipe bodi dan tipe mesin.
"C" menandakan bahwa model bodinya
coupe/cabriolet.
"D" berarti menggunakan mesin diesel.
"E" (untuk "Einspritzen") berarti memakai mesin
bensin dengan injeksi. Di beberapa kejadian, jika tidak ada tulisan
"D" atau "E" maka memakai mesin bensin karburator
"G" melambangkan kendaraan off-road Gelandewagen.
"K" digunakan tahun 1930-an, menandakan mesin
dengan supercharger ("Kompressor").Untuk SSK, K nya adalah
"Kurz" (short-wheelbase/sumbu roda pendek).
"L" melambangkan "Leicht" (lightweight)
untuk model sedan sport, dan "Lang" (long-wheelbase/sumbu roda
panjang) untuk model sedan.
"R" singkatan dari "Rennen"
(racing/balap), digunakan untuk mobil balap. (contohnya 300SLR).
"S" berarti "Sport" untuk model performa
tinggi atau "Special" untuk model teratas/unggulan.
"T" singkatan dari "Touring" dan
menandai jenis mobil estate/station wagon.
Untuk beberapa model, nomor-nomor pada penamaan mobil itu
tidak sesuai dengan kapasitas mesin mobilnya. Nomor-nomor ini diberikan hanya
untuk menentukan posisi mobil tersebut di jajaran mobil Mercedes-Benz.
Setelah tahun 1994, Mercedes-Benz memperbaharui sistem
penamaan mobil mereka. Sekarang, model-model mobil dikelompokkan dalam
kelas-kelas yang penamaannya sampai 3 huruf (lihat di atas), kemudian diikuti
dengan 3 digit angka (atau 2 digit untuk model AMG). Untuk varian dengan modl
sama (seperti varian estate atau varian mesin diesel) tidak lagi diberikan
huruf yang berbeda. Di beberapa kasus, penamaan ini tidaklah selalu pasti.
Contohnya, SLR dan SLS-AMG tidak mengikuti nama ini.
Sama seperti sebelumnya, 3 nomor pada model-model
Mercedes-Benz tidak mempunyai hubungan dengan kapasitas mesin mobil tersebut.
Nomor tersebut terkadang malah berkaitan dengan keluaran tenaga mesin.
Contohnya, E250 CGI mempunyai tenaga mesin lebih besar daripada E200 CGI karena
adanya perbedaan tuning mesin, meskipun keduanya memakai mesin 1.8L.
Beberapa model juga ditambahi beberapa fitur khusus yang
disimbolkan dengan:
"4Matic" berarti mobil itu menggunakan penggerak 4
roda.
"Bluetec" menandakan mesin diesel dengan pipa gas
buang selective catalytic reduction.
"BlueEfficiency" menandakan adanya fitur efisiensi
bahan bakar (injeksi, start-stop system, modifikasi aerodinamika, dll.)
"CGI" (Charged Gasoline Injection)
menandakan Injeksi bensin langsung.
"CDI" (Common-rail Direct Injection) menandakan
mesin diesel dengan teknologi common-rail.
"Hybrid" menandakan mobil hybrid.
"NGT" menandakan menggunakan bahan bakar gas.
"Kompressor" menandakan mesin dengan supercharger.
"Turbo" menandakan mesin dengan turbocharger,
hanya digunakan di model Kelas A, B,Е dan GLK.
Produksi
Kejuaraan Balap Mobil
Formula 1
Mercedes GP
Mercedes-Benz ikut ambil bagian di kejuaraan dunia ini tahun
1954 dan 1955, tapi karena gagal untuk merebut gelar juara untuk Juan-Manuel
Fangio, perusahaan ini memutuskan untuk keluar setelah ikut 2 musim saja.
Padahal Juan adalah salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang sejarah.
Mercedes-Benz kembali ke arena ini sebagai pemasok mesin
pada tahun 1990 dan memiliki sebagian saham dari Team McLaren. Kerjasama
ini terbilang sukses, termasuk dengan kemenangan Mika Häkkinen tahun
1998 dan 1999 serta Lewis Hamilton tahun 2008. Kerjasama dengan
McLaren berlanjut hingga pembuatan mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren.
Tahun 2007, McLaren dan Mercedes didenda 100 juta dolar AS
karena mereka mencuri data teknik rahasia milik Ferrari.
Tahun 2009, Brawn GP, tim Formula Satu debutan
milik Ross Brawn yang memakai mesin Mercedes, menang sebagai juara
konstruktor pada tahun itu dan juga menjadikan Jenson Button sebagai juara
pembalapnya. Pada akhir musim, Mercedes-Benz menjual kepemilikan saham McLaren
sebanyak 40% ke McLaren Group dan membeli 70% saham tim Brawn GP. Maka, ditahun
2010 nama tim berubah menjadi Mercedes GP dan tim ini menjadi tim
milik Mercedes-Benz.
Inovasi
Banyak teknologi-teknologi mobil yang telah ditemukan oleh
pabrikan Mercedes-Benz sepanjang sejarah mereka berdiri, diantaranya:
Mesin pembakaran dalam, ditemukan oleh Benz dan Daimler
& Maybach tahun 1886.
Daimler menemukan radiator honeycomb yang masih
digunakan oleh semua kendaraan berpendingin air sampai saat ini.
Daimler menemukan karburator yang masih digunakan
sampai akhirnya belakangan ini digantikan oleh injeksi.
"Chassis drop"— mobil yang dinamai
"Mercedes" oleh Daimler adalah mobil pertama dengan konfigurasi
modern, mempunyai "carriage" lebih rendah dan satu set as depan
belakang, menggunakan Mesin depan dan penggerak roda belakang.
Mobil-mobil sebelumnya adalah "horseless carriages", mempunyai titik
pusat gravitasi tinggi dan konfigurasi mesin dan drivetrain yang beragam.
Mobil penumpang pertama yang memiliki rem di keempat rodanya
(1924).
Sistem konstruksi pengaman mobil dengan crumple zones depan
dan belakang, pertama kali dikembangkan oleh Mercedes-Benz tahun 1951. Penemuan
ini dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting di konstruksi otomotif
khususnya bagian keamanan.
Tahun 1959, Mercedes-Benz mematenkan sebuah alat yang dapat
menghindari slip dengan cara mengatur kerja mesin, transmisi, dan rem mobil.
Tahun 1987, Mercedes-Benz mengaplikasikan patennya ini dengan
memperkenalkan sistem kontrol traksi.
Kontrol traksi dan airbag untuk pasar Eropa
merupakan inovasi dari Mercedes-Benz. Teknologi ini diperkenalkan tahun 1986.
Mercedes-Benz adalah pabrikan pertama yang menggunakan sabuk
pengaman pretensioner pada S-Class tahun 1981. Pada saat terjadi tabrakan,
sebuah pre-tensioner akan mengencang dengan sendirinya, sehingga menghindari
penumpangnya dari cedera yang lebih serius.
Bulan September 2003, Mercedes-Benz memperkenalkan transmisi
otomatis pertama di dunia dengan 7 percepatan yang mereka namakan 7G-Tronic.
Program Stabilitas Elektronik (ESP), brake assist, dan
berbagai macam perangkat keamanan lainnya, semuanya dikembangkan, dites, dan
diimplementasikan di mobil penumpang pertama kali oleh Mercedes-Benz.
Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini. Mereka
malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para pabrikan otomotif
lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan keamanan pengemudi dan
penumpang. Sebagai hasilnya, sekarang crumple zones dan anti-lock braking
system (ABS) menjadi standar di hampir semua mobil-mobil modern.
Mesin Mercedes M156
Mesin 8 silinder paling bertenaga di dunia saat ini adalah
milik Mercedes-AMG, 6208 cc M156 yang mempunyai tenaga 85 PS per
1000cc-nya.Mesin V8 ini dinamai '63 AMG', dan digantikan oleh mesin M113
'55 AMG' di banyak model. Mesin M156 ini mampu memproduksi tenaga sampai 391 kW
(532 PS; 524 bhp), tapi pencapaian tenaga ini agak sedikit berbeda di tiap-tiap
modelnya.
(W211) E320 CDI yang menggunakan Mesin V6 2.8L
diesel dengan variable geometry turbocharger (VGT) dan common
rail berhasil mencatat 3 rekor uji ketahanan dunia. Mobil ini mampu
menyelesaikan 100.000 mil (160.000 km) dengan kecepatan rata-rata mencapai
224.823 km/jam. 2 mobil lainnya yang identik berhasil memecahkan rekor yang
sama untuk menyelesaikan 100.000 km dan 50.000 mil(80.000km). (semua rekor ini
diresmikan oleh FIA).
Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe,
yang gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan
sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat. Teknologi ini juga
dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan
pada situasi kritis, langsung bekerja saat pengendara menekan pedal remnya.
Para penumpang juga diamankan dengan mengencangkan sabuk pengaman, menutup
sunroof dan jendela, dan mengubah posisi tempat duduk ke posisi optimal.
Sederet penemuan perangkat keamanan membantu Mercedes-Benz
memenangkan penghargaan Safety Award di penghargaan "What car?" tahun
2007.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar