Sabtu, 08 September 2012

Vespa


The Vespa motor scooter adalah simbol dari segala yang romantis dan santai tentang gaya hidup Continental, simbol virtual Italia, dan sebuah ikon gaya mudah berhubungan dengan pemuda dan petualangan. Untuk berbagai belahan dunia, skuter Vespa juga merupakan pekerja keras transportasi dasar, kehadiran perkotaan di mana-mana di Eropa dan negara Asia - dengungan skuter masih terdengar di seluruh lorong-lorong kuno dan jalan lebar. Dengan lebih dari 15 juta terjual dalam setengah abad produksi, model Vespa jauh dan menghilangkan skuter paling laris sepanjang masa.


Untuk Italia, skuter Vespa memiliki arti lebih luas, simbol dari kebangkitan kembali negara mereka sebagai kekuatan industri utama dari kekacauan Perang Dunia II. Ini menunjukkan bagaimana masalah ekonomi yang kompleks dapat dikurangi dengan kesederhanaan yang elegan dari skuter. Dan desain Vespa melayani untuk menunjukkan rasa Italia gaya dan inovasi.


Dari akar menyediakan transportasi dasar dan awal telanjang kelangsungan hidup ekonomi bagi masyarakat Italia hancur karena Perang Dunia II, dengan peran sebagai fashion treed-pengaturan aksesori selama tahun 1960-an bergolak, skuter Vespa yang tetap memiliki desain umum dan keseluruhan misi. Gaya dan cocok dengan budaya baik pemuda hari ini, yang menghargai pesona retro dan post-industri. Lama skuter diparkir di garasi faun dan basement sedang dibangkitkan, dipulihkan, dan dikendarai oleh generasi baru.


Piaggio, perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi skuter Vespa, kembali lebih dari satu abad, didirikan di Genoa by Rinaldo Piaggio pada tahun 1884 sebagai Societa Anonima Piaggio. Awalnya didedikasikan untuk memproduksi mesin kayu, perusahaan segera terlibat dalam membangun gerbong kereta rel untuk industri berkembang pesat. Terakhir, perusahaan membangun kendaraan komersial, mobil, dan perahu. Selama Perang Dunia I, Piaggio mulai ambil bagian dalam industri penerbangan masih muda dengan membuat bagian pesawat pada 1914, dan tahun berikutnya, seluruh pesawat. membungkuk inovatif Piaggio segera muncul saat ia dikembangkan sebagai uang muka seperti kabin bertekanan dan roda pendarat ditarik. Sebuah mesin penerbangan yang dirancang oleh Piaggio set 20 catatan kata selama tahun 1920-an.
Pada tahun 1938, Rinaldo Piaggio meninggal, meninggalkan perusahaan dua pabrik di Tuscany untuk Enrico Piaggio,, 33 dan adik laki-lakinya, Armando, 31. Waktu selama dua pengusaha muda untuk mengambil alih bisnis ayah mereka tidak bisa lebih buruk, sebagai diktator fasis Benito Mussolini telah mengokohkan kekuatannya di Italia dan siap untuk memasukkan pakta untuk menaklukkan dunia dengan pemimpin Nazi Jerman, Adolph Hitler.


Selama perang, pabrik-pabrik menghidupkan luar pesawat untuk usaha perang Axis, mengembangkan beberapa pejuang dan hanya pembom berat Italia. Tentu saja, pabrik-pabrik menjadi sasaran utama untuk serangan bom Sekutu. Mereka memukul lagi dan lagi, dan pada akhir perang, pabrik tergeletak dalam reruntuhan, dan lebih dari 10.000 Piaggio karyawan kehilangan pekerjaan. Tapi kemudian, banyak dari Italia berantakan, semua industri-industri dibom dan dihancurkan, orang-orang yang dilanda kemiskinan dan kehilangan semangat. Berdasarkan ketentuan dari perjanjian perdamaian Sekutu, Piaggio dilarang memproduksi pesawat, yang meninggalkan Enrico Piaggio, yang saat itu telah mengambil alih bisnis, casting about untuk produk baru sekali ia membangun kembali pabrik yang memproduksinya.

Kebutuhan, IBU DARI VESPA

Transportasi merupakan perjuangan pasca-perang Italia. Mobil mahal dan pasokan sangat pendek, bahkan jika orang dapat menemukan cukup bensin untuk menjalankannya. Sebagian besar tenaga kerja Italia tergantung pada sejumlah sedikit dari sepeda untuk memenuhi kebutuhan transportasi sederhana. Piaggio, dengan latar belakang di transportasi, melihat kebutuhan masyarakat dan cara untuk mendapatkan pabrik nya bersenandung lagi dengan produk yang akan relatif mudah untuk memproduksi dan mengizinkan bawah syarat-syarat perjanjian damai. Dan ternyata, itu adalah produk yang akan meningkatkan moral bangsa yang dikalahkan. Tak lama kemudian, ia merancang jenis baru kendaraan dasar sangat inovatif bahwa itu akan menempa tandanya pada paruh kedua abad kedua puluh.

Piaggio tidak menciptakan skuter. Sudah dicoba sebelumnya, tapi tanpa banyak sukses nyata. Para scooter sebelumnya terjebak di sepeda dan teknologi sepeda motor, gagal untuk bergerak melampaui mencoba dan benar, dan ternyata berat, kaku, dan lambat. Piaggio visi tentang scooter benar-benar unik, lebih mirip dua-roda-mobile auto-sepeda dari kendaraan yang bersih, nyaman yang bisa didorong oleh siapa saja dengan mudah.
Piaggio telah mengamati upaya gagal oleh tentara Italia untuk memberikan skuter kecil untuk pasukan payung. Disebut Aeromoto, itu telah diproduksi oleh perusahaan Turin, Societa Volugrafo, dan desain yang akan diterjunkan dari pesawat bersama dengan para prajurit, yang akan menggunakan mereka untuk buzz cara mereka ke depan pertempuran lebih cepat. Mungkin ide yang bagus, tapi begitu buruk Aeromoto dirancang, underpowered, dan tidak stabil bahwa rencana itu dengan cepat ditinggalkan, bersama dengan skuter.

Pada tahun 1945, dua insinyur desain Piaggio's, Vittorio Casini dan Renzo Spolti, menghasilkan scooter berdasarkan sepeda motor kecil sedang dibangun di pabrik Biella nya. Mereka telah mengambil desain skuter sebelumnya, SIMAT aneh yang dirancang oleh Vittorio Belmondo di akhir 1930-an, dan dibangun di atas ide dasar. Apa yang mereka hasilkan adalah alat kaku, dijuluki Paparino, turunan Italia Donal Bebek, yang mengejek tercermin aneh, bentuk bebek. Piaggio sendiri menggambarkannya sebagai "hal yang tampak mengerikan," dan itu nyenyak diejek oleh pers dan publik.

Tetapi dari upaya-upaya yang sederhana, Piaggio melihat percikan jenius. Paparino telah dipecat emplotees kembali bekerja dan Italia kembali roda. Piaggio ingin membangun jenis baru sekuter yang akan murah, ekonomis, ringan-berat dan bermanuver, dan dapat dikendarai dengan nyaman oleh wanita maupun laki-laki. Dia ingin pengendara dari skuter untuk menjadi terlindung dari kotoran, pudled, dan bagian mekanis motor itu, sama seperti orang mengendarai mobil. Dan ia ingin menjadi jiwa kesederhanaan, mudah untuk membangun, mudah dimengerti, dan mudah untuk memperbaiki.
Untuk membantu mewujudkan visinya, Piaggio di 1945 meminta bantuan dari kepala perancang, insinyur Corradino D'Ascanio, penemu helikopter, yang mengambil pengetahuan yang luas tentang desain mobil dan pesawat terbang dan mempersempit kompleksitas ke paling dasar dari istilah .

D'Ascanio tidak menyukai sepeda motor tradisional dan merasa bahwa mereka telah cacat lebih dari atribut-posisi duduk tidak nyaman, paparan terhadap genangan dan puing-puing jalan, rantai drive berbahaya, dan kesulitan dalam memperbaiki ban, diantara kesalahan lain. Jadi ia berangkat untuk menciptakan sesuatu yang akan mengambil langkah raksasa Paparino lebih jauh, dan jauh dari teknologi sepeda motor. Sebagian besar dari pekerjaan Ascanio's D'inovatif berasal dari pemahaman tentang stres kerja kulit tubuh, digunakan secara ekstensif di dalam pesawat terbang, di mana tubuh berfungsi tugas ganda sebagai rangka luar, menghilangkan apapun struktur pendukung yang terpisah. Hari ini, kami tahu ini sebagai monocoque, atau unibody, desain, dengan dasarnya setiap kendaraan penumpang berdasarkan konsep tersebut. Tapi di tahun 1945, ia berpikir radikal.


Hanya dalam waktu tiga bulan, D'Ascanio disampaikan tugasnya. Ketika insinyur itu kembali dengan nya mengambil desain sekuter, Piaggio sangat terkesan dengan hasilnya. D'skuter Ascanio's halus dan aerodinamis, dengan bentuk keseluruhan yang tampak mencolok modern. Seperti Piaggio melihat pinggang sempit skuter dan lebar, aspek belakang bulat, dan mendengar dengung mesin 98-cc kecil, ia mengatakan, "Semba una vespa," yang dalam bahasa Italia berarti, "tampaknya ini seperti tawon." Tentu Tentu saja, "Vespa" adalah nama yang terjebak, dan tetap diam, di seluruh dunia.


Ini menjadi prototipe Vespa motor scooter. Ini dibangun tanpa kerangka pendukung, bukan menggunakan pesawat sheet-metal. Ia memiliki perisai luas untuk menangkis percikan dan puing-puing dari pengendara, yang duduk tegak memegang setang lebar. Garpu depan diganti dengan perakitan roda satu sisi dan suspensi seperti roda-dragger ekor pesawat terbang. Sebuah jaringan poros drive atau drive tidak diperlukan karena mesin dan drive train unitized disembunyikan dalam bodywork dari skuter, melindungi pengendara dari minyak, kotoran, dan minyak. D'Ascanio telah mengambil unsur sepeda motor, sepeda, mobil, dan pesawat terbang untuk membuat sesuatu yang baru sama sekali.

Satu keuntungan jelas atas sepeda motor adalah kemudahan memperbaiki ban yang kempes. Ketika pengendara motor menderita sebuah flat, mereka terjebak dengan pekerjaan pembongkaran menakutkan dan tabung ban dari roda-yang sulit untuk menghapus dari tabung-menambal sepeda dan menempatkan semuanya kembali bersama-sama. Itu pekerjaan kotor yang memerlukan peralatan dan keterampilan. Tapi dengan desain Vespa, baik roda depan dan belakang adalah sama, yang dipasang di as stub sepihak yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah dihapus dan diganti dengan cadangan, yang dilakukan di belakang skuter, atau dalam tahun kemudian, di belakang legshield atau di bawah kerudung kiri.

Prototipe ini diperkenalkan kepada dunia pada tahun 1946 di sekitar mewah dari Roma Golf Club sebelum pertemuan para pemimpin Italia dan aristokrasi. Cepat, ini dianggap sebagai inovasi pertama Italia pasca-perang dan mengakui untuk praktis dan kegunaannya. Dan untuk pertama kalinya dalam bertahun-tahun penindasan militeristik, scooter mewakili sesuatu yang menyenangkan dan membangkitkan semangat, seperti sekarang ini.

Jangka pertama skuter Vespa diperiksa dan diuji oleh wartawan skeptis, yang segera dimenangkan oleh atribut scooter yang mengejutkan, meski reaksi awal mereka negatif. Paling mengesankan, pers memutuskan, adalah penanganan, kinerja dari mesin dua-siklus, kemudahan operasi, dan fakta bahwa siapa pun mengenakan rok atau sepasang celana baju bagus bisa naik dengan kenyamanan dan tiba di nya tujuan tanpa pakaian mengacak-acak.

Ya, itu segera jelas bahwa di sini adalah kendaraan roda dua yang bisa digunakan oleh perempuan sebagai praktis dengan pria. Selain operasi ringan dan mudah, dengan skuter yang unik yang ditawarkan apron pelindung dan lantai, langkah-melalui entri, dan kursi yang memungkinkan pengendara untuk duduk tegak seperti di kursi, daripada harus mengangkang seperti sepeda motor-yang sangat tdk wajar bagi seorang wanita terhormat posisi tahun 1940-an Italia, terutama saat mengenakan gaun.


Didukung oleh penerimaan yang baik, Piaggio segera memiliki 100 skuter yang dibuat dalam menjalankan awal. Kesepakatan itu lupa dengan Lancia, sebuah membuat bergengsi mobil, untuk menjual batch pertama di dealer-nya. 100 segera pergi, dan produksi lari dari 2.500 skuter dilakukan. Secara keseluruhan, 2.181 terjual di tahun 1946, 10.535 pada tahun 1947, dan hampir 20.000 pada tahun 1948.

Namun, beberapa kritikus menyorot yang skuter sebagai tidak aman, atau berisik, atau tidak sampai untuk menghabisi. Pengendara sepeda motor dan industri sepeda motor tersebut sangat keras dalam kritik mereka, yang menyatakan bahwa roda Vespa 8-inch yang berbahaya tidak stabil, bahwa skuter itu terlalu lambat dan tidak menangani dengan baik. Mereka mengatakan tidak praktis untuk sesuatu yang lebih dari tamasya singkat di sekitar wilayah perkotaan.

Tapi banyak orang lain menyukai skuter Vespa dan semua yang diwakili. Ini inovatif, itu bergaya, dan itu terjangkau, semua hal yang miskin dan perang-lelah yang merindukan Italia. Piaggio melewati semua keluhan, yakin bahwa scooter motor baru akan mengambil dunia oleh badai. Yang itu.

wanita Italia sangat dipengaruhi oleh modus baru transportasi, memberikan mereka rasa kebebasan dan mobilitas mereka tak pernah punya sebelumnya. canggih ini skuter Vespa's, bentuk feminin dengan cepat dipandang sebagai cara yang gaya dan kosmopolitan bagi wanita untuk perjalanan dan dilihat bepergian di jalan-jalan Romawi. Dan untuk laki-laki muda, skuter menjadi alat untuk menarik wanita muda dan spiriting mereka pergi untuk sebuah pertemuan yang lebih pribadi. Ketika mereka mendengung tentang jalan-jalan kota pasca-perang menjemukan dan jalan negara, bentuk whimsically modern scooter harus tampak seperti titik terang sukacita.

The skuter awal, dengan suspensi belakang kaku mereka, spatbor-mount lampu, disinari mencakup mesin dan stang sepeda-gaya, sekarang tahu terutama sebagai "model batang" karena sistem yang rumit dari batang kendali padat yang ditekan perubahan gigi. Sementara sepeda batang memiliki banyak muncul hari ini karena baru mereka, pada waktu itu, pergantian untuk kabel fleksibel di tahun 1951 sangat dihargai oleh pengendara kontemporer. Namun, 65.000 dari jangka terakhir batang model skuter terjual selama 1950.

Model-model awal tidak memiliki ketentuan untuk mendinginkan mesin, meskipun lokasinya terbatas. Pada tahun 1948, mesin pendingin udara dijaga dari overheating dengan cerdik menggabungkan sebuah kipas yang melekat pada roda gila yang memaksa udara atas sirip pendingin silinder, desain yang tetap untuk hari ini.

Dan begitu mulai meningkat cepat Vespa motorscooter dalam popularitas yang sangat cepat mencakup seluruh dunia, akhirnya yang diproduksi di 13 negara yang berbeda dan dengan total lebih dari 15 juta skuter dijual di lebih dari 50 tahun produksi. Sekuter Piaggio adalah masih dibuat di pabrik-pabrik di Italia, Jerman, Perancis, Jepang, India, dan negara-negara Asia lainnya. The Asia skuter yang dibangun saat ini tidak sangat berbeda dari Vespa model yang dilakukan selama tahun 1970-an.

kompetisi hanya serius Piaggio's muncul pada tahun 1947, ketika perusahaan Innocenti mulai memproduksi Lambretta nya, luar mirip tetapi pada dasarnya berbeda dari desain Vespa. Dimana skuter Vespa memiliki struktur menekankan-baja, Lambretta menggunakan bingkai tulang punggung. Suspensi, drivelines, dan rincian yang paling lain juga berbeda. Paling signifikan, itu adalah desain Vespa yang menjadi pola dasar skuter, diidentifikasi sebagai seperti di seluruh dunia, sementara Lambretta selalu menjalankan kedua jauh, sampai skuter terakhir pada tahun 1971.

PERUBAHAN KECIL
Meskipun banyak kali diperbaharui selama bertahun-tahun, bentuk setiap skuter Vespa pada dasarnya sama, dari baja celemek untuk berkontur rendah belakangnya, dibulatkan. Perkembangan yang stabil dari perubahan dalam rincian dan komponen mekanis memberkati setiap model Vespa dengan karakter sendiri, gaya sendiri, dan kepribadian sendiri. Tentu saja, beberapa model telah menjadi lebih diinginkan daripada yang lain, menangkap era gaya tertentu atau tepi kinerja yang menentukan, terpisah. Beberapa memiliki kepribadian kuat dari yang lain.

Seperti VW Beetle, setiap scooter Vespa adalah klasik, gaya dasarnya tetap sama tetapi dengan rincian mekanik dan gaya terus berubah. Dan seperti Beetle, mudah bagi banyak orang untuk melihat semua model Vespa sebagai melihat hal yang sama. Tapi ketika seseorang mulai melihat lebih dekat rincian, berbagai perubahan dilakukan sepanjang tahun, seperti perubahan kontur tubuh halus dalam gaya, lampu belakang dan trim, menjadi mudah untuk mengidentifikasi. Plus model datang dalam berbagai ukuran dan kapasitas mesin, dari sepeda kecil-frame dengan ukuran mesin mulai dari 50 cc sampai 125 cc, untuk tubuh yang lebih besar dengan mesin naik ke model 200-cc kuat.

Satu hal yang tetap sama adalah, satu-dua-siklus silinder mesin yang merupakan jantung dari setiap skuter Vespa. Model pertama didukung oleh mesin dua-siklus 98-cc, peringkat 3,3 daya kuda, dipasang horizontal, dan bertindak langsung pada wheel drive melalui transmisi tiga kecepatan. Meskipun mesin berubah selama bertahun-tahun, desain tetap pada dasarnya sama. Sederhana untuk mempertahankan atau perbaikan, masing-masing mesin dua-tak menghasilkan banyak sekali tenaga dan torsi untuk ukurannya, sehingga sebagian besar lalu lintas perkotaan. Model perpindahan yang lebih besar dapat pergi lintas negara tur dengan nyaman.

Mesin dan transmisi yang tahan lama dan dapat diandalkan. Piaggio perusahaan memiliki iman begitu banyak di durabilitas transmisi Vespa itu, selama tahun 1960-an, itu memberikan semua skuter dengan transmisi garansi seumur hidup. Tapi mesin dua tak juga kejatuhan dari skuter Vespa di Amerika Serikat, di mana kekhawatiran polusi menciptakan standar emisi yang mesin tidak pernah bisa lulus. Piaggio sementara ditunda peran skuter di pasar AS pada tahun 1986, pengarah produksi ke bagian lain dunia.

VESPA DALAM skuter AMERIKA SERIKAT
Ini mungkin tampak mengejutkan hari ini, tapi Piaggio punya bintang di Amerika Serikat melalui department store-Sears Roebuck dan katalog, tiba pada tahun 1951. Karena Sears menjual skuter sebagai produk mereka sendiri, sepeda diberi nama "Allstate" bukan "Vespa". Mereka dilucuti-down, model telanjang 125-cc-tulang, mirip dengan model U-Italia, yang berwarna hijau seperti Semua negara. (Rumor adalah Piaggio telah disita setumpuk besar cat hijau perang-surplus, untuk mendapatkan berbagai warna hijau digunakan pada masing-masing skuter). Sears menjual Vespa-Allstates dalam katalog bersama murah-Cushman Semua skuter negara. Meskipun AS membuat Cushmans adalah throuh populer akhir 1940-an dan 1950-an awal, mereka sederhana, lambat dan canggung, baik dalam penampilan dan kinerja, dibandingkan dengan keanggunan dan kecanggihan dari skuter Vespa.

Sears pemasar pasti bisa membedakannya. Para Cushmans yang ditampilkan dalam foto kecil, dan diberi label "scooter motorik halus Amerika," sedangkan Vespa-Allstates memiliki foto-foto yang lebih besar dan disebut: "skuter terbaik kami, besar Semua negara Cruisaire" Satu iklan membaca alluringly,. " Go 'Continental' dengan pembangkit tenaga listrik Italia-gaya halus "Harganya.: $ 325,95. Bila Anda memesan Anda Vespa-Allstate melalui katalog Sears, itu tiba di depan pintu Anda dalam kotak kayu yang besar, dan sebagian dibongkar. toko Sears menyediakan layanan dan suku cadang untuk skuter di toko wilayahnya.

Pada hari-hari, skuter yang besar di Amerika Serikat, dengan Cushmans, Simplex, Salisbury, Autoped, dan lain-lain mengamuk menikmati popularitas. Vespa-Allstates yang sangat sukses, dengan ribuan dijual oleh Sears melalui 1969. Dengan tiga kecepatan mereka-, gearbox kopling-dioperasikan dan penanganan superior dan driveability, belum lagi styling Eropa, Vespa-Allstates cepat menjadi favorit landasan, para "terbaik" scooter di jalan.

Semua ini mendorong Piaggio untuk memasuki pasar AS pada merit sendiri merek Vespa itu. Sekitar 1995, dealer Vespa mulai bermunculan di perkotaan. Segera, ribuan skuter berlabel "Vespa" itu bergabung dengan Allstates.

Sekuter DAN LEBIH
Piaggio, sementara itu, sudah mulai memproduksi produk-produk lain untuk keperluan industri, berdasarkan teknologi yang dikembangkan untuk skuter. Mereka menggunakan motor Vespa untuk mesin industri, snowplows, dan kendaraan tiga roda kecil yang digunakan untuk berbagai tujuan dan disebut Ape (ah pey-diucapkan, yang adalah musuh lebah Italia). Bekerja kera front end skuter dan, dari kursi belakang belakang, sebuah platform yang dapat dilengkapi dengan berbagai utilitas tubuh, seperti dump truk kecil, van pengiriman, dan pickup. Ini di mana-mana di jalan-jalan perkotaan, dan menjadi akrab bagi sebagian besar Amerika di latar belakang banyak adegan film Italia.

Mereka juga membuat mobil Vespa, tapi sebuah kendaraan yang sama sekali berbeda dari skuter atau Ape, tidak menggunakan satu pun dari bagian skuter. Diproduksi di Perancis dari tahun 1958 sampai 1961 oleh sebuah divisi Piaggio disebut ACMA, mobil-mobil kecil bersaing dengan Fiats, memberikan raksasa Italia lari uang perusahaan, khususnya di kalangan perempuan driver karena gaya dan magis papan nama Piaggio. Tapi hanya sekitar 34.000 Vespa mobil diproduksi.

Merasa terancam oleh otomotif pemula, Fiat Piaggio memperingatkan bahwa hal itu bisa membangun jalur sendiri dan menempatkan skuter Piaggio keluar dari bisnis. Inilah sebabnya 400 Vespa dibangun di Perancis dan tidak pernah diimpor ke Italia, meskipun dijual di negara seperti Jerman, Perancis, Belgia, dan Amerika Serikat. Pada tahun 1959, dengan perkawinan keputusan-keluarga Fiat laki-laki untuk seorang perempuan Piaggio penguasa-keluarga, hubungan antara raksasa industri itu disemen. Setelah beberapa tahun kemitraan yang erat dengan Fiat, Piaggio berhenti membangun mobil-mobil kecil sama sekali.

Di Amerika Serikat, penjualan mobil Vespa lambat, walaupun mereka diiklankan di publikasi populer seperti Playboy, bergabung dengan iklan heboh untuk lainnya persembahan Eropa seperti MG dan Alfa Romeo. Selain mobil sport, mobil kecil belum populer di Amerika Serikat, di mana Buick besar dan Chryslers yang berkerumun di jalan raya dan bersaing dalam perang tenaga kuda. mobil kecil adalah sesuatu untuk badut melompat dari di sirkus. Volkswagen segera akan mengubah pandangan Amerika terhadap mobil kecil, tapi itu akan terlambat untuk mobil Vespa.

bisnis yang nyata adalah Piaggio skuter, dan pertumbuhan kolosal model Vespa roda dua cermin Italia kembali kesehatan ekonomi, meskipun dengan sentuhan pasca-perang. Dan itu menandakan kelahiran pemasaran modern-hari, Sejak hari pertama, Piaggio dipompa iklan, dan iklan dipompa merek Vespa. iklan ini sering menyenangkan seperti orang-orang yang menciptakan skuter, pemasaran sebagai brilian sebagai desain Vespa, dan motor skuter Vespa segera memiliki gambar yang cerah dan muda di seluruh dunia.

Pada tahun 1956, Piaggio ditandai tonggak penting, penjualan di seluruh dunia skuter satu juta unit, sebuah kemenangan atas para penentang awal dan alasan untuk perayaan di seluruh Italia. Untuk menghormati keberhasilan membangunkan, pemerintah Italia menyatakan Hari Vespa pada bulan April tahun itu, dan hari libur dadakan dirayakan dengan festival di 15 kota berbeda. Sebuah gerombolan 2.000 skuter Vespa raung melalui Roma, menggeram lalu lintas.

Pada saat itu, skuter Vespa sedang dibangun di bawah lisensi di beberapa negara, termasuk Perancis, Jerman, dan Inggris.

THE BRITISH Sekuter
Vespa manufaktur di Inggris adalah kisah itu sendiri. Perusahaan Douglas dari Bristol dibangun selama bertahun-tahun sepeda motor di Inggris sebelum menemukan skuter. Pemilik Claude McCormack terinspirasi saat berlibur di tahun 1948 oleh melihat mereka berdengung di sekitar jalan-jalan di Italia, dan dia membayangkan sebuah revolusi transportasi serupa untuk Britania Raya. Seperti di Italia, Britons harus berurusan dengan langka, bensin mahal dan kekurangan mobil setelah Perang Dunia II. Seperti Italia, mobil mereka kecil, sehingga transisi ke, dua-roda kecil "mobil" seperti skuter tidak tampak seperti seperti regangan.

McCormack ditempa perjanjian dengan membangun model Piaggio Vespa di tanah Inggris, dan pada tahun 1951 awal, mulai memproduksi skuter. Douglas scooter 125-cc hampir identik dengan skuter Piaggio, sampai ke skema-cat hijau metalik yang sama. Tetapi memiliki perbedaan yang segera jelas: bukan memiliki lampu yang terpasang di bemper itu, skuter Douglas telah lampu yang dipasang di legshield di bawah setang. Rancangan ini sesuai dengan hukum British mengatur ketinggian lampu, tapi menciptakan kerugian jelas lampu tidak lagi berpaling dengan arah roda depan.

Berdasarkan sheet metal, ada beberapa perbedaan kecil mekanik, sebagai perusahaan Douglas membeli sebagian besar komponen outsourcing dari Inggris yang memproduksi bukan Italia. Lucas sistem listrik, karburator Amal bukan Dell'Ortos dinyatakan di mana-mana, kursi buatan Inggris dan ban adalah di antara perbedaan. Tapi pada dasarnya, Douglas bangunan skuter Vespa.

The skuter Douglas tertangkap, dan segera ribuan banyak dari mereka yang berjalan di sekitar Inggris. Douglas diikuti Piaggio di upgrade model selama bertahun-tahun. Tidak seperti Piaggio, Douglas mengganti nomor model setiap tahunnya, sehingga VS2 yang dibangun di tahun 1956 menjadi model tahun VS3 berikut, dan sebagainya. Itu sebutan Douglas untuk Vespa 150 GS. Setelah membangun lebih dari 1125.000 skuter, Douglas berhenti membuat mereka pada tahun 1964, tapi terus mengimpor mereka dari Italia selama bertahun-tahun sesudahnya.

Selama tahun 1960-an, scooter mania meledak di Inggris, di mana skuter Vespa yang dipeluk oleh Modifikasi muda bergaya. Mereka Carnaby Street gambar dan main-main cerdas di skuter hati-hati disesuaikan bentrok dengan Rocker kerah biru di Inggris Triumph, BSA, dan sepeda motor Norton. Rod Stewart, Dave Clark Five, dan tentu saja, The Who, adalah penganut gaya musik para Mod's, seni, dan budaya. Siapa yang trendi film, Quadrophenia, menyajikan melihat pertemuan kekerasan antara Modifikasi dan Rocker. Dekade kemudian, Musik Siapa yang tetap menjadi bagian dari budaya pop Vespa, dengan gaya anak muda masih menghadapi perlawanan, sulit sekarang dari Amerika pada sepeda motor Harley-Davidson besar.

Generasi baru Scooter
Pada tahun 1960-an, skuter vespa telah diberikan tenaga kuda lebih, suspensi belakang, rem yang lebih baik, listrik yang lebih baik, dan bentuk yang lebih efisien. Model 150 GS tahun 1955 mulai era klasik, pengaturan desain saat ini dan gaya mesin yang akan membawa skuter Vespa selama lebih dari dua dekade. A, lebih kecil entry-level model, sekarang disebut kerangka kecil, yang didukung oleh mesin 50 cc yang mengambil keuntungan dari undang-undang di beberapa negara Eropa yang memungkinkan pembalap muda untuk moped perpindahan pilot dengan mesin 50-cc atau kurang. Di Perancis, pedal berlebihan yang ditambahkan untuk memenuhi syarat sebagai moped. Kemudian, 90-cc dan versi 125-cc yang ditambahkan ke baris inexpennsive bingkai kecil.

Piaggio lanjutan lini keberhasilan melalui tahun 1970-an, mengembangkan scooter motor yang lebih cepat, ramping, dan lebih efisien, sementara tetap setia dengan desain asli dan niat. 200 Rally menjadi skuter panas di jalan, boasting 12 tenaga kuda, kecepatan maksimum melebihi 60 mil per jam dan, menurut pabrik, kemampuan untuk pergi ke touring jarak jauh tanpa takut rusak. 200 Rally juga model Vespa pertama dengan injeksi minyak, membebaskan dari pengendara harus campuran minyak pelumas dengan bensin. skuter Minyak-disuntikkan sebagian besar merupakan fenomena AS, Eropa lebih memilih untuk sebelum pencampuran mereka sendiri.

Semakin besar, lebih cepat P-seri sepeda dibuat penampilan mereka pada tahun 1978, dengan styling pembentuk yang tampak lebih modern pada saat itu, namun dilihat dari pandang hari ini, kehilangan tampilan klasik bulat yang membuat skuter sebelumnya begitu menarik. Tapi sementara Vespa scooters telah mencapai tahap perkembangan di mana mereka lebih praktis, lebih nyaman, dan lebih dapat diandalkan, mereka juga datang ke AS keras terhadap keprihatinan lingkungan. Mesin dua siklus, panjang ciri desain Vespa, tidak dapat disempurnakan sesuai dengan peraturan cukup untuk udara bersih.

Dihadapkan dengan tekanan lingkungan dan kompetisi yang luar biasa dari Jepang, Piaggio menarik diri dari Amerika Serikat ditandai pada tahun 1986. Tapi masih kuat melaju permintaan produksi motorscooterd, termasuk model berikutnya Piaggio, para Cosa, di Eropa dan Asia. Di India, pabrik Vespa ternyata masih skuter, terjangkau dan cocok untuk jalan perkotaan dan pedesaan yang penuh sesak. jalanan Kota di seluruh Asia Tenggara juga dikemas dengan skuter Vespa. Dalam trendi, Jepang makmur, model Vespa klasik telah menjadi aksesori fashionable bagi kaum muda yang bergaya.

Dan di Italia, skuter Vespa terus memerintah sebagai ikon kota, berdengung melalui jalan-jalan sempit Romawi, masih ingat dan dihormati sebagai penemuan yang membantu membawa Italia kembali dari reruntuhan perang dan kehancuran ekonomi, masih bersifat lambang dari gaya hidup Continental, dan masih desain dasar yang sama diluncurkan pada tahun 1946.

Jenis Jenis Vespa : 

 1. MP5(moto piagio 5) paperino
Diproduksi tahun 1943
di produksi akhir perang dunia ke 2 dengan spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
- ban : 4.00-10









2. MP6 Prototipe

Diproduksi tahun 1945
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 37.28 mph
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8


3. Vespa 98 dan vespa 98 II

Diproduksi tahun 1946 dan seri kedua dikeluarin setahun setelah itu, di juluki “motoleggera utilitaria vespa”
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60 Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
tidak ade perbedaan significan disini dibedakan oleh design aja gan cek this
yang ini keluaran tahun ‘46 (vespa 98)







4. Vespa 98 cc Race dan vespa 98 cc racing (circuit)
Diproduksi pada tahun 1947 mungkin disini perbedaan dari seri sebelum nya yaitu adanya penambahan pada kecepatan dari motor ini dan biasa disebut corsa
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi dan almunium head
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 80km/jam – 98 cc racing : 100km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
dari segi bentuk silahkan nilai mana yang lebih keren gan…
vespa 98 cc race.









5.Vespa 125 , vespa 125corsa “telaio in lega” , vespa 125 corsa circuit
Diproduksi tahun 1948 – 1949 ini lah tahun dimana vespa meluncur kan mesin 125cc dan pada tahun ini juga produksi vespa 98 di stop oleh piagio
vespa 125








vespa 125 corsa
nah yang ini agak aneh di bentuk nya unik banged gan… sekarang saya juga dah gak pernah liat ni … tapi ada yang lebih aneh lagi gan…









vespa 125 corsa circuit









6.vespa monthlery
Jenis ini di produksi tahun 1950 dengan model yang lebih sporty dan aerodinamis dengan kecepatan max 136 km/jam , dari segi bentuk emang agak aneh si gan dari sebelum nya









7. vespa ’siluro’ dan vespa 125

Pada tahun 1951 ini vespa mengeluarkan 2 produk yang berbeda segmen untuk vespa ’siluro’ di keluarkan dengan design yang cukup unik sedangkan untuk vespa 125 yang di produksi lagi mirip dengan vespa keluaran tahun 1948 tetapi memiliki kelebihan lebih nyaman untuk dikendarai karena menggunakan suspensi hydraulic shock
vespa ’siluro’







Vespa 125 (1951)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar